WELCOME TO MY BLOG :)

happy reading.......

Rabu, 22 Agustus 2012

Perangkat Kecepatan Akses Intermet


PERANGKAT KECEPATAN AKSES INTERNET

1. HARDWARE 
  - Sistem Komputer : 
  • Processor 
  • RAM
  • Harddisk
  • Modem
  • monitor

A. Processor
            Processor ini bertugas mengatur dan mengendalikan semua peralatan yang ada pada sistem komputer . Semakin tinggi processor yang kita gunakan, semakin tinggi pula kecepatan komputer dalam memproses data . Jika lebih rendah , maka prosesnya akan menjadi sangat lambat . Komputer yang digunakan untuk akses internet minimal dengan processor pentium 133 MHz.

B. RAM
           
            RAM (Random Access Memory) berfungsi untuk menyimpan masukan data dan perintah yang sifatnya sementara . Cepat lambatnya komputer dalam memproses data juga tergantung dari besarnya kapasitas RAM . Semakin besar kapasitas RAM, semakin cepat pula proses komputer. RAM yang digunakan untuk akses Internet minimal berukuran 32 MB.

C. Harddisk
            
            Harddisk berfungsi sebagai tempat menyimpan sistem operasi, program, dan data yang diperlukan untuk Internet Harddisk yang digunakan minimal 3,2 GB .

D. Modem 

           Modem (Modulator Demodulator) merupakan hardware tambahan untuk komputer agar dapat terhubung  dengan Internet melalui jaringan telepon. Modem berfungsi mengubah sinyal digital komputer menjadi sinyal analog yang dapat dikirim melalui jaringan telepon.

  • Modem Internal : Modem ini berbentuk card yang dipasang menempel pada motherboard melalui slot PCI .              Modem ini letaknya di dalam CPU. 
  • Modem Eksternal : Modem External terletak di luar CPU komputer, modem ini dihubungkan ke komputer melalui port com (serial port)

E. Monitor 

            Monitor merupakan perangkat keluaran yang menampilkan perintah/data yang dimasukkan . Oleh karena itu, informasi yang diproses oleh komputer dapat dilihat lewat monitor . Saat ini , banyak macamnya monitor yang di gunakan , dari monitor yang masih menggunakan tabung (CRT) sampai yang berbentuk LCD .

2. SOFTWARE 

      A. Operating System

            Operating System / sistem operasi merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola seluruh perangkat komputer sehingga dapat menjembatani antara komputer dengan penggunanya 
  Contoh Operating System : - Ms. Windows
                                                  - Linux

     B. Software Aplikasi Internet 
           
           Software Aplikasi Internet yang paling penting harus ter instal adalah Browser . Software Aplikasi lainnya seperti aplikasi chating, e-mail, FTP perlu di istal jika akan menggunakan fasilitas tersebut .
   Contoh : - Browser : IE
                   - E-mail    : Ms.Outlook
                   - Chating  : YM (Yahoo Messenger)

3. PERANGKAT LAINNYA
   
     A. ISP
           
            ISP (Internet Service Provider) adalah perusahaan penyedia jasa internet. Untuk terhubung ke internet, kita harus mempunyai akses ke ISP . Semua kebutuhan untuk koneksi internet seperti kecepatan dari biaya akses diatur oleh ISP . 

     B. Jaringan Telepon 
           Jaringan telepon digunakan sebagai media penghubung antara komputer satu dengan komputer lainnya dalam internet . Pada saat kita terhubung dengan internet berarti kita menggunakan jasa telepon . Tarif yang berlaku tergantung pada ISP yang kita gunakan .             
               

Tidak ada komentar:

Posting Komentar